Friday, October 27, 2017

Menjaga Kehangatan bayi dengan Metode Kanguru




Metode Kanguru

Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan kehangatan, agar tidak terjadi hipotermia atau bersuhu tubuh rendah. Jika suhu tubuh bayi bunda mengalami penurunan dalam waktu yang singkat, maka akan menyebabkan syok pada bayi. Ketika bayi bunda mengalami syok, maka bayi akan memiliki kondisi tubuh yang tidak stabil.
Pada umumnya, bayi baru lahir akan diletakkan dalam suatu ruangan khusus dengan tujuan untuk mendapatkan penyinaran. Namun, biasanya yang mendapatkan penyinaran hanya bayi yang mengalami masalah. Padahal semua bayi baru lahir membutuhkan kehangatan yang ekstra, karena suhu dunia lebih rendah daripada suhu di dalam rahim.
Namun, bunda dapat menjaga kehangatan tubuh bayi yang sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh setiap orang yaitu dengan menghangatkan bayi melalui panas tubuh ibu, metode ini biasa disebut dengan Metode Kanguru.
Metode kanguru dapat dilakukan dengan "bayi diletakkan telungkup di dada bunda agar terjadi kontak kulit langsung antara bunda dan bayi. Bayi harus dalam keadaan telanjang. Untuk menjaga bayi agar tetap hangat, tubuh bunda dan bayi harus berada dalam satu pakaian. Sebaiknya bunda menggunakan pakaian longgar berkancing depan". Atau Dekap bayi yang tidak menggunakan baju agar kulit bayi bersentuhan langsung dengan yang mendekap. Usahakan ketika bunda melakukan perawatan metode kanguru dengan keadaan tubuh yang msih bersih, agar kulit bayi tidak terpapar keringat bunda, karena kulit bayi masih sangat sensitif.
  
   Keuntungan Metode Kanguru pada Bayi
1.       Bayi akan menjadi hangat
2.       Bayi akan lebih banyak tidur
3.       Bayi menjadi tidak rewel
   Keuntungan Perawatan Metode pada Bunda
1.       Hubungan kasih sayang bunda dan anak lebih erat
2.       Bunda dapat menggendong bayinya saat melakukan pekerjaan
3.       Memperbaiki keadaan emosi bunda dan bayi.

0 comments on "Menjaga Kehangatan bayi dengan Metode Kanguru"

Post a Comment

 

IC Baby Wrap Copyright 2012 All Rights Reserved | Maintenance by Alix Wijaya | Supported by Grosir Kerajinan Bali | Subscribe: Posts RSS or Comments RSS